- . - . - . - . - - | Facebook | Twitter | GPlus |

Istilah dalam bidang kuliner - Masakan

D

Dauphin : Keju yang lembut dari susu sapi yang berasal dari Perancis mengandung 50% lemak. Keju ini biasa dibentuk seperti croissant, hati atau batang. Keju ini diciptakan pada masa pemerintahan Louis XIV.

Derby : Keju dari Inggris yang terbuat dari susu sapi yang mengandung sekitar 45 % lemak. Derby merupakan keju susu yang diperas dengan keras sehingga berbentuk mirip seperti Cheddar (sejenis keju keras berwarna kuning) tetapi umumnya sedikit lebih berlapis dan lebih basah. Keju ini dibentuk seperti roda dengan cara tradisional. Derby berdiameter 38 cm, tinggi 12 cm dan berbobot 14 kg. Biasanya masa pematangannya selama 2 bulan, tetapi Derby yang matang dengan rasa pedas yang lebih kaya matang dalam waktu 10 bulan.

Derober : Istilah dalam bidang kuliner dalam bahasa Perancis yang berarti mengupas kulit buncis yang berkulit lebar. Derober juga berarti mengupas kulit tomat, almond dan kentang sebelum direbus.

Derval : Istilah hiasan makanan untuk tournedos (otot tornedo) daging sapi dan noisette (bagian hidung) daging domba yang terbuat dari seperempat bagian artichoke (semacam tumbuhan yang bunganya dimakan sebagai sayur) yang digoreng dengan menggunakan mentega dengan lemak rendah.

Dessert knife and fork : Pisau dan garpu hidangan penutup Dessert plate piring keci

Dinner : Makan malam

Dinner knife and dinner fork : Pisau dan garpu makan utama

Dinner plate : piring besar

Drumstick : Adalah kaki bagian bawah dari unggas atau burung, yang terdiri dari tulang, daging, yang mempunyai bentuk seperti alat penumbuk

Du barry : Nama yang diberikan untuk hidangan yang
mengandung atau berisi bunga kol. Contoh
consommé du barry.

Dubbey : Adalah hiasan untuk pendamping masakan
daging (ribs) yang terdiri dari jamur yang
dipanggang atau direbus dan puree kentang
dan dikelilingi puree jamur.

Duch potatoes : Kentang yang dibuat puree dengan butter dan kuning telur, dibentuk dengan piping bag sehingga membentuk hiasan dan dipanggang dalam oven. Hidangan ini juga digunakan untuk kroket, saint florentin. .

During operatin : restoran mulai buka

Duroc : Adalah hidangan yang dipersembahkan untuk General Duroc. Hidangan ini terdiri dari beberapa ruas daging kecil kecil, atau unggas yang ditumis dan dihias dengan kentang yang dicoklatkan pada butter, dibungkus dengan tomat yang dihancurkan dan ditutup dengan chasseur sauce.

E

Entrée : Dalam menu Perancis, entrée digunakan sebagai giliran makan ketiga, yaitu setelah soup dan sebelum hidangan utama. Entrée terdiri dari gabungan hidangan seperti croutades, timbals dan small pates, termasuk di dalamnya sesuatu yang dibekukan seperti oyster tart, forcemeats, hidangan pasta, telur, produk pastry yang berasa asin.

Edible : Dapat dimakan

Eminces : Adalah hidangan dari daging (sapi, kambing atau domba) yang dipanggang yang dipotong kecil, ditempatkan pada tray kemudian disiram dengan saus yang dipanaskan dalam oven. Bisa dilengkapi sauted potatoes, green vegetables, toast atau risotto. Contoh: beef eminces, venison eminces, motton eminces.

Escalope : Adalah potongan daging yang diratakan sebelum digoreng atau disaute, Escalope daging sapi diambil dari fillet, escalope kalkun dipotong dari dada atau sayap. Escalope juga dapat diambil dari potongan fillet ikan besar atau lobster.

Escauton : Suatu jenis daging babi yang dibuat kaldu/stok dengan berbagai rempah-rempah dan sayuran.

F

Fillet : Potongan utuh, tipis, panjang tanpa tulang dan kulit. Pada Sirloin bias dibagi 3 bagian yaitu Head fillet yang digunakan untuk hidangan “chateaubriand”, middle fillet untuk fillet steak, dan fillet tail.

Festonner : Makanan Perancis yang ditata atau dihias dengan tatanan festaan, ditata mengelilingi pinggiran piring hidangan. Ini adalah hiasan yang ditambahkan pada piring hidangan dan jarang pada makanan. Hiasan dapat menggunakan crouton, irisan aspic, irisan jeruk nipis dan lain-lain

Feuillete : Potongan roti puff yang dipotong bentuk jari atau segitiga yang isinya biasanya keju, ham, sea food dll. Makanan ini disajikan selagi masih panas. Nama ini juga diberikan pada roti yang berbentuk lonjong, dilumuri dengan sedikit telur dan ditaburi dengan biji cumin, keju atau paprika. Disajikan panas atau dingi sebagai snack cocktail

Fiadone : Roti carcison yang dibuat dengan campuran telur, gula, keju, braccio yang masih bagus dan irisan jeruk nipis. Ada beberapa resep diantaranya adalah terdiri dari campuran kocokan putih telur, kuning telur, keju dan jeruk nipis, dan biasanya ditambahkan sedikit aroma bir atau anggur

Fish fork : Garpu Ikan

Fish knife : Pisau ikan

Fond lie : Brown stock ditambah bahan pengental . Tepung dibuat slurry, ditambahkan pada stock yang direduksi.

Flower vase : vas bunga

G

Galabart : Puding hitam besar dengan saus darah/blood sauce. Berasal dari barat daya Perancis. Puding ini dibuat dari kepala babi(termasuk kulit dan lidah) paru-paru, hati dan darah dicampur dengan roti. Berdiameter 9 -10 cm selalu dimakan dingin dan dalam potongan tebal

Gaillac : Minuman yang berasal dari Perancis terbuat dari dua jenisn cairan yaitu merah dan putih (wine) dari fermentasi anggur.

Galacien : Jenis sponge cake yang diisi dengan pistachio-rasa cream, ice green dan dihias dengan kacang pistachio yang dicincang halus. Di paris merupakan jenis old patisserie .

Galantine : Hidangan yang terbuat dari unggas, daging
buruan, babi, daging anak lembu atau
kelinci,dicampur dengan forcemeat berisi telur, bumb-bumbu yang dicetak bentuk simetri. Galantine dimasak dalam aspic stock, diglaze dengan aspic dan disajikan dingin sebagai entrée “Galantine” dari bahasa Peransis kuno yang berarti “jelly”. Galantine kadabg-kadang dimasak dengan dibungkus dalam kain dan dibentuk silindris, biasa disebut juga balontines. Galantine dapat juga dibuat dari ikan; potongan (fillet) dari ikan yang didinginkan dari bawah papan dengan pemberat di bagian atas.

Ganache : Cream yang terbuat dari coklat, butter dan cream segar, digunakan untuk membuat petit four

Gaperon/Garpon : Merupakan jenis keju dari negara bagian Perancis Auvergne. Keju ini terbuat dari susu sapi skim atau butter milk , dibentuk seperti bola yang datar di satu sisi dan berdiameter 9 cm. keju ini ditekan, tidak dimasak, dan diberi rasa bawang putih dan lada yang memberi rasa kuat. Tetapi aroma yang kuat merupakan tanda bahwa keju terlalu matang. Musim terbaik untuk garperon adalah antara Oktober dan maret.

Gardemanger : Berada di dapur klasik Perancis, anggota dari staf diurusan barang-barang dingin (makanan-makanan dingin), makanan pembuka, beberapa makanan penutup dan semua pekerjaan decorative. Di dalam bagian ini juga ada sub bagian yang disebut butcer , dimana mereka bertanggung jawab langsung kepada chef atau sous chef. Disamping itu sub bagian inilah yang membagi daging menjadi bagian yang siap untuk diamasak, juga membuat sausage, hamburger, pate dan sebagainya.

Gargouillau : Merupakan dessert dari Limousin dan Bourbonnais (negara bagian Perancis ). Dibuat dari adonan pancake tebal yang itambah dengan buah pir yang dikupas dan diambil bagian tengahnya, di slice dimasak pada flan tin (cetakan dari timah). Seperti galtoutis, gargouillau, dimakan hangathangat atau dingin.

Garnish : Hiasan makanan

Garniture : Penghias makanan

Gelling Agent : Makanan aditif (semacam campuran makanan) digunakan untuk memberi atau membuat makanan seperti jelly. Kandungan utama gelling agent ini adalah a pectin, asam alginic. Asal gelling Agent Ini dari agar-agar, carrageen, starch, yang biasa digunakan sebagai isi roti, ice cream, selai dan bubur.

Gendarme : Nama Perancis yang terkenal untuk ikan laut yang diasinkan, karena ikaan menjadi kaku atau keras jika dikeringkan dan diasap. Nama ini juga diberikanpada sausage (daging cincang) yang berasal dari Swiss (disebut Lanajager) tetapi juga terkenal di Jerman dan Australia. Bentuknya rectange (bentuk dengan empat sisi sudut yang sama), dibuat dari daging beef dan lemak daging babi, yang dikeringkan diasap dan dimakan mentah atau di masak.

Genoese Sponge : Roti sponge yang ringan, diambil namanya dari genoa. Roti ini dibuat dari telur dan gula yng dikocok sampai kental kemudian dimaasukkan tepung (gandum), margarin yang sebelumnya dilelehkan. Dapat ditambahkan almond atau buah yang dikristal dan diberi liquer (minuman beralkohol tinggi), aroma atau rasa buah sitrus, vanilli dll. Roti ini berbeda dengan roti ringan biasa yang telurnya dikocok sekalian. Roti ini putih dan kuning telur dikocok secara terpisah. Disajikan dengan dipotong menjadi dua lapis atau lebih, dilumuri dengan selai, krim buah, puree dll.

Gerardmer : Keju susu sapi lembut (mengandung 45- 50% lemak) dengan kulitnya dicuci, biasanya dimakan selagi masih fresh. Umumnya disebut “Lorraine” atau “Gras lorraine”yang berbentuk silinder beratnya 5-6 kg dan beraroma tajam.

Ghee : Lemak yang dijernihkan, umumnya digunakan pada masakan India. Ghee paling baik dibuat dari butter susu kerbau (dua kali lebih kaya lemak dari pada susu sapi). Di gunakan dalam patiseri sebagai lemak untuk memasak (semacam minyak goreng), untuk puree sayuran, nasi dan lainlain pada musim kering. Ghee dapat juga dibuat dari minyek wijen atau mustard.

Glassware : Peralatan dari kaca Glaze de Viande : Hasil dari saringan brown stock. Stock jika dipanaskan terus hingga tinggal setengahnya (direduksi) zat gelatin nya akan keluar. Maka brown stock tersebut akan menjadi glaze de viande dan kalau disimpan dalan freezer akan mengeras seperti batu dan tahan  berbulan-bulan sebagai persediaan.

Glazed : Sayuran yang akan dimasak dipotong dalam potongan kecil dan diberi mentega, gula dan air. Cairan yang ada setelah beberapa waktu akan terserap dan gulanya menjadi seperti sirup sehingga sayuran menjadi bercahaya dan cemerlang. Wortel dan lobak adalah contoh sayuran yang baik dimasak dengan cara ini.

Gratinated : Sayuran yang akan dimasak disusun dalam tempat yang telah dioles mentega . Ditutup dengan bechamel, keju dan mentega yang dipanaskan dengan

Gratinating : Memasak dengan menggunakan salamander atau oven dimana api berada dibagian atas. Maksud dari gratinating selain untuk memasak makanan juga untuk memberikan warna pada permukaan makanan atau untuk menghasilkan pengulitan (crust) pada permukaan makanan.

Gravy : Cairana yang keluar dari hasil kaldu saat kita me-roasting daging, ayam dan lain-lain. Gravy merupakan sari daging yang keluar karena pembakaran, hanya gravy ini tidak dikentalkan seperti sauce.

Groceries : Bahan makanan yang tidak mudah rusak, bahan-bahan ini disimpan lama tanpa memerlukan adanya fasilitas kamar dingin, dan keadaannya umumnya kering. Contoh bahan-bahan yang termasuk groceries adalah : tepung, gula, beras, cereals, garam dll.

Gueridon : kereta atau meja dorong untuk service

Guest : tamu

Guest napkin : Serbet makan

H

Hollandaise sauce : Sauce yang dikentalkan dengan telur melalui proses emulsi, yaitu campuran yang merata antara dua bahan cair yang tidak dapat campur.

Hollandaise (A la) : Telur dibuat poache egg yang dihidangkan bersama asparagus, bunga pisang dan disertai dengan sauce hollandaise.

Horsoradish Sauce : Sauce dingin special yang dicampur dengan whipped cream, horsoradish yang dihaluskan, lemon juice, merica, garam dan bumbu lain’

Hot Dissert : Makanan yang dihidangkan sesudah main course, cirinya mempunyai rasa manis, memberikan kesegaran dan dihidangkan pada saat panas.

Hot Appetizer : Makanan yang dihidangkaan panas,
disajikan sebelum keluarnya hidangan
utama (main course) sebagai pembangkit
selera makan yang mempunyai rasa gurih.

Hors doeuvre : Sama dengan appetizer (pembuka selera). Sup yang dihidangkan untuk makan malam yang biasa disajilkan di restoran dengan white stock atau kaldu jernih.

Harace /Quintus Haratius/ Flacccus/ : Menu favorit keluarga di bulan Agustus biasanya keluarga berkumpul. Keluarga tersebut masak bersama-sama di kebun, dengan menu favorit berupa ayam dimasak lemak dan salad buah yang diambil dari kebun sendiri.

Hen Poule : Hidangan favorit keluarga berupa ayam goreng.

Heros Are Slaughterdi : Cara melelehkan/mencairkan coklat dengan  jalan dipanasi dengan dua buah panci (aubain marie) selama 15 menit.

Hure : Suatu jenis keju

Husk : Sekam yaitu bagian luar dari tumbuhan gandum, seperti jewawut, gandum dan gandum hitam

Hydria : Suatu guci/kendi yang pada masa lampau digunakan oleh wanita-wanita untuk mengambil air dari sumur. Hydria mempunyai tiga tangaki : satu vertical diatas leher dan yang dua cabang disamping.

Hypholoma : Sejenis jamur yang sering ditemukan tumbuh diperdu bagian tunggal pohon tua. Bagian yang dapat dimakan adalah bagian yang berwarna hijau/kuning.

Hydromel : Suatu minuman yang terbuat dari madu dan air. Minuman ini sangat populer dikalangan bangsa Romawi. Madu mempunyai makna menghormati lebah sebagai lambang keabadian dan pengkonsumsi dalam jumlah besar. Oleh bangsa Romawi minuman ini digunakan sebagai bir, sehingga sepanjang abad pertengahan dan sampai kepada abad ke-18 mereka mabuk.

Hors d’ouvre plate : Piring makanan pembuka

Hygiene : Kebersihan lingkungan

Selengkapnya tentang Istilah dalam bidang kuliner - Masakan

 
Layanan untuk Anda: Cerita dari Ayuna Kusuma | AYUNA Duwur | dari Ayuna | Lihat dalam Versi Seluler